Indahnya Gelang Berlian Garuda Ratu Belanda

Gelang garuda Ratu Belanda, source : picman

Pada 1937, Pemerintah Hindia Belanda, pada masa modern   disebut  Indonesia, mempersembahkan Gelang Berlian yang sangat indah dan cantik dengan ukuran yang  besar. Menampilkan sebanyak  1.700 biji berlian dalam emblem Kerajaan Belanda dan relief burung garuda.

Burung garuda besar  adalah  burung mitos yang merupakan lambang kerajaan-kerajaan besar di Nusantara. Gelang ini ditetapkan   oleh Bouman di The Haag, sebagai hadiah pernikahan bagi  Putri Mahkota Julianna   ketika ia menikahi Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld.

Para Ratu Belanda dengan perhiasan dari Hindia Belanda, source : picman

Gelang garuda  besar itu sangat sering   dipakai oleh Putri Mahkota yang kemudian menjadi  Ratu Juliana sepanjang hidupnya. Gelang ini sering dipadu-padankan dengan bandeau berlian Belanda dan stuart  tiara. Perhiasan-perhiasan ini dipakai pada hari pernikahannya. Namun, setelah abdikasi Ratu Juliana, Gelang Hindia Timur Belanda dipatahkan untuk membuat beberapa gelang yang lebih kecil.

Putri Beatrix juga telah mengenakan Gelang Hindia Timur Belanda cukup sering sepanjang pemerintahannya dan setelahnya. Penerus Ratu Belanda berikutnya, Ratu Máxima juga teratur mengenakan satu atau dua gelang, meskipun kita belum melihat beberapa elemen yang lebih mencolok, seperti garuda.