Mudah Praktiknya, Cara Betul Tangkap Tuyul

Ilustrasi perwajahan tuyul source : klikkaltim

“Lihai mencuri uang, tapi tuyul tak cukup licin jika berhadapan dengan ketam, bawang dan melati.”

Menurut kepercayaan masyarakat, tuyul adalah sosok gaib yang berbadan kecil, berkepala botak, dan seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat. Dalam tingkatan mahkluk gaib, tuyul menduduki strata yang paling rendah.   

Mahkluk gaib yang satu ini terkenal karena keisengannya yang kerap merugikan.  Tuyul sangat doyan mencuri uang dan benda-benda berharga seperti yang diperintahkan pemiliknya. Sering kali ulah tuyul membuat ketegangan dan kecurigaan antar anggota masyarakat, sebab akibat dari pencurian itu sangat terasa sementara untuk membuktikan  eksistensi tuyul ini sangat sulit .

Meski begitu, bukan tidak ada cara untuk  menghentikan aksi nakal tuyul. Karena pada dasarnya tuyul adalah anak-anak, cara menangkapnya juga harus dengan aneka benda yang dalam dunia mahkluk halus ada mainan atau makanan.

Tuyul tak berdaya saat melihat atau menjumpai ketam

Berikut cara betul tangkap tuyul, carilah seekor ketam atau yuyu, bawang putih jantan dan jahe, bunga melati, dlingu bengle secukupnya saja. Kemudian datangilah rumah orang yang di curigai memiliki dan memelihara tuyul. Ada baiknya hari yang dipilih untuk melakukan penangkapan ini adalah pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon.

Jahe,bawang putih jantan dan dlingu bengle di kunyah-kunyah sampai halus. Sementara ketam atau yuyu serta bunga melati di ikat pakai tali. Pegang tali pengikat itu sambil sesekali digoyang seperti dimainkan agar terlihat seperti ketam sedang berlari. Semburkanlah kunyahan jahe,bawang putih dan dlingu bengle tepat ke arah pintu masuk rumah orang yang dicurigai memiliki tuyul. Konon dengan cara itu tuyul dapat ditangkap dan menuruti perintah kita.