Ternyata Ini, Asal Usul Sebutan Lelaki Hidung Belang

Pada masa kolonial Hindi Belanda, seluruh pemerintahan diatur dengan hokum-hukum kolonial yang terbilang baru bagi warga Nusantara. Tatanan hukum baru ini diberlakukan tidak seimbang karena akan terasa sangat memberatkan penduduk pribumi. Sementara orang-orang Eropa mendapatkan sedikit celah untuk menghindari hukum.

Namun pada abad ke-17 terjadi peristiwa yang membuat wajah penerapan hukum Belanda di Nusantara dipertaruhkan. Kejadian ini justru menimpa Gubenur Jendral Jan Pieterzoon Coen.

Seperti diketahui pada masa kolonial, para serdadu asal Belanda dan warga Eropa lainnya datang ke Nusantara tanpa disertai istri atau para wanita Eropa. Untuk penyaluran hasrat, para tentara dan petugas administrator tersebut akan memelihara gundik atau membayar wanita pribumi sebagai pemuas nafsu biologisnya.

Jan_Pieterszoon_Coen

Adalah Pieter Cortenhoeff Perwira muda sekaligus pengawal kepercayaan Coen. Dan tanpa sepengetahuan Coen, Peiter menjalin hubungan asmara dengan Sartje Specx, anak angkat sang Gubenur Jendral.

Ketahuan   

Hingga pada suatu malam, Coen mendengar suara-suara aneh dari kamar anak angkatnya tersebut. Saat pintu dibuka, Coen terkejut bukan kepalang, ternyata Sartje dan Peiter tengah bercumbu dengan penuh gairah. Ditengah kekagetannya Coen masih bisa menguasai diri dan tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

Berpesta, kegemaran orang-orang Belanda pada masa kolonial

Pieter dilaporkan pada pihak berwajib dan langsung dilakukan penahanan. Pasangan muda itu langsung diintrograsi oleh otoritas di Batavia. Pieter dianggap sebagai pelaku asusila langsung dijatuhi hukuman mati, digantung. Dan untuk membuat efek jera dan memalukan Pieter yang telah nekat meniduri anaknya, Coen mencoreng hidung Pieter di depan umum sebelum di eksekusi.

Kulit putih Pieter itu nampak kontras dengan hitamnya arang. Dan sejak kejadian itu, para lelaki yang kedapatan berbuat mesum atau berzina dengan wanita akan ditangkap dan hidunya dicoret dengan arang. Dan sejak saat itu, popular istilan lelaki hidung belang untuk menyebut lelaki yang gemar main perempuan.