Deteksi Penyakit Lewat Telapak Tangan (habis)

Deteksi penyakit lewat telapak tangan

Metode deteksi penyakit ini  menggunakan  bagian telapak tangan atas, telapak tangan bagian belakang, semua jari dari kelingking hingga ibu jari, ruas-ruas jari bagian atas hingga kuku. Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat dideteksi lewat telapak tangan.

Paru-paru

Dokter seringkali melakukan pemeriksaan kuku pada para penderita masalah pernafasan. Hal ini karena penyakit paru ini dapat dideteksi melelui warna kulit dibawah kuku. Jika dominasi warna lebih ke corak biru itu tandanya adalah masalah  komplikasi pernapasan. Penjelasannya, karena darah yang mengandung oksigen memiliki warna merah terang. Sebaliknya darah yang kehilangan oksigen berwarna akan merah gelap. Itulah sebabnya warna kulit kuku ini akan menjadi gelap pada bayi pengidap mengidap bronchitis akut.

Bermacam penyakit dapat diketahui lewat telapak tangan

Masuk Angin

Tanda-tanda orang yang tengah masuk angin adalah terdapat bintik-bintik putih di telapak tangan berwarna kemerah-merahan. Ada dua kemungkinan, jika dasar telapak tangan berwarna merah maka bintik-bintik berwarna putih. Dan sebaliknya jika dasar telapak tangan berwarna putih maka bintik-bintik berwarna merah. Hal ini diakibatkan oleh gas yang berlebihan.

Kanker Payudara

Sebagai penyakit pembunuh wanita yang paling menakutkan, sudah selayaknya jika wanita memperhatikan tanda-tanda berikut ini. Resiko kanker payudara akan semakin besar terlihat pada wanita yang memiliki ‘keanehan’ pada jari telunjuknya. Normalnya, jari telunjuk pasti kalah panjang dari jari manis. Ta[I pada wanita yang memiliki jari telunjuk lebih panjang dari jari tangah ada kemungkinan berpotensi menderita kanker payudara lebih besar. Sebab dengan jari telunjuk yang lebih panjang artinya tingkat ostrogen yang lebih tinggi, suatu hormon yang membantu pertumbuhan kanker.

Ginjal

Masalah ginjal ini biasanya didahului oleh rasa capai dan pegal-pegal disekitar pinggang.  Namun masalah pada ginjal ini erat kaitannya dengan masalah hati dan jantung. Kondisi kerusakan ginjal pada tahap awal tidak akan membawa dampak bagi penderita. Tapi setelah semakin parah, penyakit itu segera akan menyerang selurh organ tubuh. Tanda-tanda ornag yang mengalami msalah pada ginjal.  Ruas pertama dari seluruh jari –jari terlihat lebih besar atau bengkak air. Selain itu juga  ruas pertama pada jari telunjuk akan bterlihat berkerut-kerut alias  keriput. Hal ini menandakan kondisi dehidrasi (kekurangan air) atau justru sebaliknya,  kerap menahan air kencing.

Bila ditekan pada tiga jari yakni  ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah akan terasa sakit. Tanda lainnya, ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya. Mata kaki bengkak atau mata bergelambir menandakan ada masalah ginjal dan jantung. Ruas ujung jari-jari bengkok ke dalam menandakan adanya masalah batu ginjal dan asam urat.

Autisme

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2001 menghasilkan kesimpulan yang mengejutkan. Menurut penelitian itu anak autistic cenderung  memiliki jari manis yang sangat panjang. Kencenderungan itu mengindikasikan bahwa anak yang memiliki jari manis yang kelwat panjang ini juga memiliki tingkat testosteron yang tidak biasa sejak di dalam rahim. Kondisi ini akan membentuk perilaku pria yang sangat berlebihan seperti kesulitan komunikasi dan kurang kesadaran terhadap kondisi emosional orang lain.

Stres

Ketika dalam keadaan tertekan atau stress, tubuh akan merespon dengan melepaskan hormon steroid. Hormon ini akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tanda-tanda di telapak tangan bagi orang yang m mengalami stres adalah terdapat urat-urat biru atau hijau di pergelangan tangan, telapak tangan dan di sepanjang jari-jari. Serta terlihat jelas di betis kaki.

Kolesterol

Masalah kolesterol lebih pada masalah pola makan. Masalah kolesterol sangat terkait erat dengan masalah jantung dan kardiovaskular. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan kolesterol ini adalah Ruas ujung jari-jari berwarna lebih merah atau lebih gelap dari ruas jari di bawahnya. semakin gelap warnanya tandanya kadar kolesterol di tubuh makin tinggi. Pada telapak tangan juga terlihat lebih merah dan gelap kadang disertai bengkak dan terdapat urat berwarna biru.

Alergi

Masalah Alergi atau Sinusitis adalah masalah yang umum. Kondisi alrgi ini erat kaitannya dengan asalah paru-paru (pernafasan) atau asma. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ini adalah terdapat urat-urat berwarna biru atau kehijau-hijauan pada perut telapak tangan di bagian bawah ibu jari. Ibu Jari bagian atas terlihat tak berisi alias kempis.

Kekurangan vitamin Jika diperhatikan tanda-tanda kekurangan vitamin ini dapat dilihat dari noda putih di ujung jari. Noda ini juga menjadi tanda kurangnya zat seng dalam tubuh. Seng penting untuk menjaga sistem kekebalan. Sumber makan mengandung seng antara lain susu, tiram, ayam, biri-biri, semua jenis biji-bijian, kacang dan sayuran berdaun hijau.