Masih Jijik? Ini Manfaatnya Makan Ceker Ayam!!!

Masih sedikit orang yang memanfaatkan kaki ayam atau ceker ayam untuk dikonsumsi. Umumnya orang akan membayangkan jika ceker ayam itu adalah bagian dari ayam yang paling jorok. Karena secara alamiah, kaki ayam adalah alat bagi ayam dalam mencari makan.

Namun di balik  tudingan atau tuduhan miring masyarakat tersebut, sebenarnya tersembunyi khasiat ceker ayam bagi kesehatan. Mainstream mencatat sedikitnya ada 5 (lima) manfaat dari ceker ayam, berikut ulasannya :

Tinggi  Kolagen

Meski tampilannya ceker ayam kurang meyakinkan namun manfaatnya luar biasa. Menurut penelitian, ceker ayam tinggi kandungan kolagen. Konsumsi ceker ayam akan meningkatkan pasokan kolagen bagi tubuh yang akan menjamin elastisitas dan regenerasi kulit tetap terjaga dengan baik.

 Cegah Osteoporosis Lansia

Sejak lama diketahui ceker mampu mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Mengkonsumsi ceker ayam berarti  menjaga pesendian dan menutrisi tulang. Kandungan kalsium, protein, kolagen, dan  zat lain. Asupan  ceker termasuk ke dalam asupan yang lezat dan mudah dicerna oleh tubuh. Artinya kalau hendak menjaga kesehatan tulang, sebaiknya mengkonsumsi ceker ayam terutama pada mereka yang memasuki usia lansia.

 Kesehatan Pencernaan

Tak hanya bisa  dikonsumsi secara langsung, ceker juga sering kali dibuat dan diolah menjadi  kaldu untuk berapa kuliner berkuah dengan  cita rasa gurih dan menyegarkan.  Dengan mengkonsumsi ceker ayam, maka pencernaan pun akan terjaga kesehatannya karena adanya  limpahan nutrisi di dalamnya. Asupan ini sangat berpengaruh pada kesehatan usus yang meningkat fungsinya ketika kita rajin memakan ceker yang kaya gizi.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Mereka yang sedang mengalami luka atau habis menjalani operasi, tidak ada salahnay mengkonsumsi ceker ayam. Ini karena ceker memiliki  kandungan protein dan terutama  kolagennya. Zat-zat ini akan mempercepat proses penyembuhan Luka atau infeksi, dengan terjadi regenerasi sel lebih cepat dengan konsumsi ceker ayam.

Anti  Hipertensi

Selain sarana penyembuh luka, kandungan protein dan kolegen pada ceker terbukti efektif menormalkan tensi darah. Bahkan beberapa penelitian membuktikan  Ceker memiliki kandungan protein dan kolagen yang lebih tinggi dari pada dada ayam.

 Bagaimana, masih jijik konsumsi ceker ayam bila sudah tahu manfaatnya?