5 Fenomena Urban Legend Kendaraan Hantu

Kisah Urban legend mengenai hantu memang banyak beredar di masyarakat. Meski sangat sulit untuk dibuktikan kebenarannya, namun banyak yang mempercayainya. Bahkan pada beberapa kesempatan berbeda, beberapa orang justru pernah merasakan bersentuhan atau berinteraksi  langsung dengan kisah hantu seram ini.

Nyatanya Kisah hantu atau urban legend ini tak hanya diam di sebuah tempat, banguan atau lokasi tertentu. Beberapa kisah hantu ini justru sangat bergerak dan dapat bermetamorfosis pada sarana transportasi, seperti bus, kereta api dan banyak lainnya.  Padahal sejatinya, kendaraan-kendaaraan hanyalah bentuk lain dari keusialan hantu dan mahluk gaib.

Bus Kuntilanak 

Banyak yang menyakini bahwa bus kuning milik Universitas Indonesia itu adalah bentuk lain dari sosok kuntilanak. Bus ini sempat menggegerkan masyarakat Depok dan Pasar Minggu. Pernah pada suatu malam, secara tidak sengaja seorang wanita menghentikan bus berwarna kuning itu. Saat bus tersebut berhenti dan ia naik keatas, bus tersebut dalam kondisi kosong. Tentu saja hal ini diluar kewajaran. Sebab malam itu baru menunjukkan pukul 21.00. jam tersebut bagi Jakarta adalah jam sibuk orang pulang kantor, jadi sangat tidak masuk akal jika pada jam tersebut kondisi bus dalam keadaan kosong.

Meski janggal, wanita tersebut tetap saja mencari tempat duduk dan bus langsung melaju. Masalah justru timbul pada orang-orang yang berkendara disamping bus kuning tersebut. Seorang pengendara motor tiba-tiba oleng dan masuk parit saat bus tersebut berada sejajar dengan dirinya. Meski celaka, beruntung pengendara tersebut tetap sadar dan hanya mengalami lecet-lecet. Menurut pengakuanya, ia hilang kendali motor  karena melihat, seorang wanita yang melaju dalam gendengan   kuntilanak. Sejak saat itu beberapa kali orang melaporkan fenomena mistis yang sama, juga dengan tetap dengan bus kuning yang sama.

Kereta Api Hantu

Kejadian ini sempat membuat masyarakat Jakarta gempar. Saking gemparnya, fenomena mistis ini sampai pernah difilmkan dan sukses luar biasa. Kereta api hantu stasiun Manggarai demikian tulis beberapa media ketika itu. Kejadian ini diawali ketika sebuah rangkaian kereta yang seharus terparkit karena tidak ada jadwal keberangkatan, mendadak berjalan dengan sendirinya. Beberapa petugas stasiun yang ketika itu berada di lokasi sudah memberikan tanda agar kereta berhenti, bahkan saat kereta itu tetap melaju, seorang petugas sudah nekad mengejar hendak menaiki kereta itu. Namun semua usaha itu sia-sia. Kereta tetap melaju deras menginggalkan stasiun. Kereta itu melaju hingga beberapa kilometer. Dan bahkan sempat membuat kondisi lalu lintas kacau, karena petugas palang pintu tak mendapat sinyal atau tanda bakal ada kereta yang akan melintas. Beruntung tidak ada kecelakaan atau korban jiwa akibat peristiwa itu. Namun banyak spekulasi yang muncul pasca kejadian mistis itu. Konon kereta itu melaju karena dikendarai oleh seorang wanita gila. Namun dugaan ini dimentahkan oleh petugas stasiun yang mengejar kerta tersebut. Menurut, saat ia mengejar lokomotif penarik gerbong, kondisi ruangan masisis memang kosong dan beberapa panel mesinnya dalam kondisi mati. Konon rangkaian kereta itu dipenuhi oleh mahluk gaib.

Ambulan

Di Bandung ada ambulans yang sering melaju sendiri pada malam hari karena di dalamnya ada arwah penasaran.  Ambulan ini “mangkal” di jalan Bahureksa no 15.  Di sepanjang jalan berjejer rumah-rumah peninggalan zaman Belanda karena pada masa lalu kawasan ini merupakan kawasan pemukiman Eropa.

Ambulans   yang sudah sejak lama berada di tempat ini kabarnya enggan beranjak dari tempatnya.   Beberapa kali mobil  tersebut dipindahkan ke tempat lain dan beberapa kali itu pula ambulan  tersebut kembali ke jalan Bahureksa no 15 ini. Bahkan tidak sedikit warga Bandung yang  pernah melihat mobil ini berjalan sendiri tanpa ada pengemudinya pada malam hari.

Konon rumah ini dulunya  dihuni oleh keluarga Belanda. Pada suatu hari keluarga ini sedang melakukan perjalanan dan mengalami kecelakaan hingga akhirnya satu keluarga itupun tewas mengenaskan. Ambulan  inilah yang mengantarkan jenazah keluarga Belanda ini dari tempat kecelakaan. Sejak itu kejadian aneh terjadi. Mobil itu terus kembali terparkir di depan rumah, padahal rumah tersebut sudah kosong.   

Penjaga rumah bingung. Akhirnya dia berinisiatif untuk mengembalikannya ke pihak rumah sakit. Ternyata keesokan harinya lagi- lagi ambulan  itu  sudah terparkir di halaman rumahnya tanpa diketahui supirnya. Kejadian ini terus berulang-ulang hingga akhirnya sang penjaga rumah memutuskan  membiarkan mobil ambulan  tersebut terparkir di rumah milik keluarga Belanda itu.

Angkot Pocong

Selain Kampus UI Jakarta, di Kampus ITB juga memiliki urban legend yang tak kalah mengerikan. Konon dikalangan mahasiswa ITB, banyak dan sering kali dikisahkan mengenai gangguan atau kejadian gaib yang melibatkan angkot atau angkutan kota. Para mahasiswa menyebut angkot ini sebagai angkot pocong.

Angkot yang menghantui dan menjadi sumber ketakutan beberapa mahasiswa memiliki trayek  jurusan Cisitu-Tegalega. Kisahnya berawal dari pada suatu malam, usia kegiatan kampus dua orang mahasiswa hendak pulang. Entah mengapa tiba-tiba melintas sebuah angkot jurusan Tegalega-Cisitu. Karena rumahnya berada disekitar Cisitu tanpa pikir panjang mahasiswa itu menghentikan laju angkot dan menaikinya. Disinilah letak keanehannya, sebab angkot jurusan itu hanya beroperasi hingga pukul  21.00.

Besoknya mahasiswa itu menjadi buah bibir rekan-rekannya sebab ternyata dia hanya naik Angkor itu sendirian, seorang teman mengurungkan niatnya dan pingsan. Dari sini cerita angkot pocong tersebar. Menurut penuturan rekan mahasiswa yang urung naik angkot, saat temannya naik dan ia juga hendak naik, ia melihat angkot itu penuh dengan pocong. Karena ketakutan mahasiswa itu langsung pingsan, sementara temannya tetap naik karena tidak melihat apa yang ia lihat.  

Bus Hantu
Kisah mistis ini konon terjadi pada akhir  tahun 90-an. Ketika itu seorang penumpang dari Terminal Umbulharjo -Jogya  menuju Terminal Purabaya atau Bungurasih Surabaya.  Karena terburu-buru, penumpang itu langsung saja naik sebuah bus yang bertuliskan kota tujuannya. Tidak ada masalah hingga 30 menit kemudian,  penumpang ditemukan tergeletak di lahan kosong dibelakang terminal Purbaya Surabaya.

Petugas keamanan terminal awalnya menduga penumpang tersebut korban pembiusan. Namun, setelah tersadar, terungkaplah, bahwa penumpang itu baru 30 menit yang lalu berada di Jogya. Sebuah hal yang tak masuk akal. Sebab dengan kecepatan tinggi, waktu tempuh Surabaya – Jogya adalah 7 jam perjalanan. Konon menurut penumpang itu, bus yang ia naiki berwarna putih polos. Padahal tidak ada PO bus berwarna putih polos yang bertrayek Jogya Surabaya. Penumpang itu juga mengisahkan sepanjang perjalanan tidak ada penumpang yang bercakap-cakap, wajah-wajah mereka juga pucat. Namun karena tertidur, penumpang ini tidak bisa menceritakan pengalaman mistis lebih jauh.