Coba Ini, Pegang Jari, Kendalikan Emosi

“Kesulitan terbesar manusia adalah mengendalikan emosi. Nyatanya ada cara mudah untuk tetap berpikir jernih dan meredam emosi yang berlebihan.”

Dampak emosi yang berlebihan adalah kerugian. Sebab ketika tengah emosional seseorang cenderung untuk tidak dapat berpikir jernih dan logis. Luapan kemarahan cenderung mendominasi akal sehat. Bahkan manipulasi kemarahan ini sepertinya apa yang kita lakukan disaat marah itu adalah kebenaran. Hasilnya adalah sebuah penyesalan mana kala, kemarahan itu telah mereda dan kita melihat atau merasakan yang tadinya kita anggap perbuatan ‘benar’ tersebut.

Jadi tidak berlebihan jika ada ungkapan “jangan membuat keputusan disaat marah.”Dari sekian kiat meredam emosi atau kemarahan, gerakan memegang jari adalah cara yang sangat mudah untuk mengendalikan  emosi. Sebab pada dasarnya, emosi dan perasaan seperti ombak energi yang bergerak melalui badan, pikiran dan jiwa. Dan setiap jari-jemari adalah saluran atau meridian aliran energi yang berhubungan dengan organ tubuh dan emosi yang bersangkutan.

Perasaan tertekan yang sangat kuat dapat menyumbat  atau menghambat aliran energi, yang mengakibatkan rasa sakit atau perasaan sesak di tubuh kita. Memegang jari sambil menarik napas dalam-dalam dapat mengurangi dan menyembuhkan ketegangan fisik dan emosi.

Ketika dalam keadaan  marah, tegang, takut atau menangis, jari-jemari dipegang untuk memberikan sensasi  damai, fokus  dan tenang sehingga kita bisa menhadapi keadaan dan membuat keputusan dengan tenang. Gerakan ini bisa juga dilakukan untuk relaksasi dengan musik, atau dikerjakan sebelum tidur untuk melepaskan persoalan.

Peganglah tiap jari, satu-persatu, dengan tangan yang lain selama 2 -5 menit. Tarik napas yang dalam,  rasakan  perasaan kuat atau perasaan yang mengganggu di dalam diri. Hembuskan napas secara perlahan  dan lepaskan. Rasakan aliran gelombang yang keluar dari ujung jari. Hembuskan napas secara perlahan, lepaskan perasaan dan problem yang sudah berlalu.

Ketika melakukan pijatan jari ini lama-kelamaan Anda akan merasakan denyut ketika energi dan perasaan mengalir dan menjadi seimbang. Anda bisa memegang jari orang lain yang sedang marah atau kesal. Gerakan memegang jari ini sangat membantu untuk anak kecil yang menangis atau mengadat, atau bisa juga digunakan untuk orang yang merasa takut, senewen, sakit atau orang yang hampir meninggal.