6 Langkah Mengembangkan Kemampuan Psikometri    

Psikometri adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Belajar dan prakteknya dimulai dengan menyentuh obyek atau benda tertentu dengan konsentrasi penuh. Cari tahu apakah Anda mendapat kilasan visi atau tidak sama sekali. Langkah yang paling mudah adalah dengan mencoba dengan barang-barang yang ada di sekitar Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Pegang   benda dengan kedua tangan. Untuk pertama cari benda-benda yang ukurannya kecil seperti cincin, kalung dan lain sebagainya.  Sebisanya benda tersebut memiliki nilai historis dan pribadi, .yang dipergunakan oleh pemiliknya dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan begitu energi yang menempel pada benda itu sangat kuat.


Langkah 2

konsentreasi dan fokuskan pikiran anda kepada benda yang Anda pegang. Agar lebih focus, tutup mata Anda.  Sirkulasikan energi anda kepada objek di dalam genggaman kedua tangan Anda. Biarkan pikiran Anda beristirahat dan menetap hanya pada objek itu.

Langkah 3
Ketika focus Anda sudah mantap dan maksimal, visualisasikan dengan imajinasi Anda   sebuah jalur penghubung antara energi objek dalam genggaman  dengan energi Anda sendiri. Satukan kedua medan energy itu menjadi satu jalur pada medan yang sama.

 Langkah 4
Pada tahap ini jangan paksa pikiran. Usakan relaksasikan pikiran anda, dan lihatlah gambaran-gambaran apa yang datang dalam pikiran anda. Perhatikan dengan teliti sensasi apa yang Anda rasakan  Pencitraan atau visualisai  mungkin datang berupa gambaran-gambaran, pemikiran-pemikiran, sensasi-sensasi atau bahkan bau tertentu. Perhatikan setiap kesan yang anda terima.

Langkah 5
Kenali dan rasakan obyek dengan cara yang berbeda dalam berbagai cara. Kenali apakah rasanya panas atau dingin, kegelisahan atau ketenangan, kesedihan atau kegembiraan, marah atau kasih, dan seterusnya.


Langkah 6
Jika sensasi itu datang terima dengan pikiran terbuka. Jangan pernah berasumsi atau menganalisa sensasi atau citra yang Anda dapatkan tersebut.  Jika anda sedang menggunakan psikometri untuk membaca orang lain, maka katakan kepada mereka segala sesuatu yang anda alami dan rasakan. Apabila kita mengatakan sesuatu apa adanya, biasanya orang akan jujur juga kepada anda, dan ini akan membantu anda untuk memperoleh perasaan dan pencitraan yang semakin akurat. Jika anda sedang mempraktekkan psikometri untuk pengembangan ketrampilan, catat semua pencitraan yang sudah anda terima, dan ingatlah kiat-kiat yang anda temukan sendiri selama latihan untuk mendapatkan kekuatan dan ketelitian dari kemampuan anda, kalau Anda ingin terus mempraktekkan dan mengembangkannya.