Efek Positif  Aroma Parfum

Bicara aroma parfum tentu saja membicarakan selera. Artinya setiap orang akan memiliki pilihan masing-masing. Namun secara garis besar, masing-masing aroma parfum tersebut memiliki efek positif bagi pemakainya. Eek samping yang positif yang di maksud adalah  menenangkan, memberi rasa nyaman, atau mengurangi stres.

Aroma Penenang

Menurut penelitian parfum dengan aroma buah-buahan seperti stroberi, pir, apel, atau blackberry adalah penggoda penciuman manusia.  Keharuman natural ini diklaim membawa energi positif dan suasana menyenangkan. Menurut penelitian Dr Alan Hirsch, MD, Direktur The Smell & Taste Treatment and Research Foundation, Amerika Serikat, aroma buah peach dan pir berfungsi sebagai pereda kegelisahan dan mengatasi stress.

Aroma Kenyamanan

Parfum beraroma vanila, almond, madu, atau karamel memberikan sensasi kehangatan yang menimbulkan perasaaan nyaman. Hal itu disampaikan Victoria Bonofiglio, profesor kosmetik dan fragrance Fashion Institute of Technology, New York. Kelembutan aroma vanila menempel lebih lama di kulit karena memiliki susunan molekul yang lebih tebal.

Sementara parfum dengan aroma roti pisang dan kacang, menurut Dr Hirsch, adalah aroma yang mampu merangsang gairah seksual perempuan. “Aroma ini menstimulasi otak yang membuat Anda tergoda dan menjadi daya pikat bagi pria,” ungkapnya.

Aroma Semangat dan Gairah

Menurut Bonofiglio, saat menghirup parfum beraroma rempah-rempah, Anda akan merasakan pengalaman unik. Seperti kayu manis, rasanya yang pedas manis menimbulkan aroma yang membuat Anda merasa seksi. Sementara itu, peppermint memberikan sensasi segar. Aroma cokelat meningkatkan hormon serotinin, pembangkit energi positif dalam tubuh. Lain lagi dengan lada hitam, aromanya yang juga diekstrak menjadi parfum menstimulasi energi membuat Anda lebih percaya diri dan siap menghadapi berbagai tantangan.

Aroma Kesenangan

Penelitian yang dilakukan oleh Smell & Taste Treatment and Research Foundation menunjukkan, perempuan memberikan nilai tinggi untuk parfum dengan aroma permen yang mampu membangkitkan gairah seks. “Aroma permen memberikan rasa senang,” kata Dr Hirsch.

Aroma Pembangkit Tenaga

Aroma lemon, jeruk bali, atau citrus memberikan efek menyegarkan dan membangkitkan tenaga. “Aroma cistrus menstimulasi bagian otak yang tugasnya membuat Anda terjaga,” kata Dr Hirsch. Aroma alami dari buah-buahan ini membuat Anda lebih berenergi karena sensasinya yang menciptakan suasana terbuka.