TAHUN 2022 – TAHUN MACAN AIR (+)  REN – YIN 2573

source : redbubble

“Sang raja rimba sedang berjalan, tahun pertumbuhan yang perlu kewaspadaan”

Oleh : Suhu Haryanto

Pada 1 Februari 2022 kita akan memasuki tahun baru dari tahun kerbau logam yin tahun 2021 menuju pada tahun macan air (+/Yang).  Dimana banyak peristiwa peristiwa yang cukup mengagetkan dan tidak terduga banyak yang mewarnainya pada tahun lalu tersebut seperti pandemi covid yang keliatan mereda dan secara tidak diduga muncul dengan ganas dan menimbulkan banyak korban dan masalah yang cukup memprihatinkan.

Disisi lain ekonomi yang sejak adanya pandemi ini sudah mengalami banyak guncangan-guncangan dan nyaris terpuruk bahkan ada juga yang terhenti, tidak bisa bergerak dengan adanya terjangan covid pada tahun lalu tersebut, juga makin memperburuk situasi perekonomian baik nasional maupun internasional.

Situasi tahun lalu mengajak kita semua untuk prihatin dan berusaha memperbaiki kondisi dengan tidak hanya berpasrah saja tetapi berusaha walaupun situasinya belum tentu menjanjikan hasil yang kita harapkan.

source : yls

Sementara situasi politik di dunia juga belum  menjanjikan keadaan yang baik. Timbul ketegangan dua kekuatan besar yang bersaing untuk menjadi yang lebih unggul, berkuasa dan saling ingin mengalahkan rivalnya.  Sang raja rimba sudah bergerak menunjukkan kewibawaannya, keperkasaan dan kekuasaannya tahun ini akan banyak diwarnai adu kekuatan, adu kekuasaan seperti halnya hukum rimba dimana sang harimau bisa dinobatkan sebagai raja rimba karena memiliki kekuatan dan kewibawaannya tetapi menjadikannya sebagai raja akan dibutuhkan persaingan dan adu wibawa barulah bisa dinobatkan. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan adanya raja rimba yang lainnya yang juga mencoba untuk meraih kekuasaan sehingga bisa timbullah konflik persaingan antara sesama macan untuk memperebutkan siapakah raja hutan yang sejati diantara para raja raja hutan tersebut sehingga bisa digambarkan bahwa tahun 2022 tahun macan air.

source : dwb

Tahun ini lebih mengarah pada tahun politik yang bergejolak dimana banyak terjadi pada para politikus yang mengejar ambisinya demi kekuasaannya. Berbagai cara atau trik yang dari bersih hingga yang paling  kotor dilakukan demi tercapai ambisinya terhadap kekuasaan baik trik pengkhianatan juga bisa terjadi. Dalam skala besar pun politik dunia pun juga makin memanas. Ketegangan makin meningkat walaupun kelihatan pada permukaannya tidak terlihat hal tersebut tetapi Ketika kurang bisa menjaga dan mewaspadai masalah besar bisa timbul dan berbahaya. Sudah menjadi pembawaan sifat yang cenderung memancing temperamen menjadi tinggi , kurang toleransi dan bisa memicu konflik. Situasi aura seperti ini sangat bisa dirasakan oleh semua orang situasi yang sangat membingungkan dan sangat mengkhawatirkan sehingga seperti menjadikan perasaan sedih tanpa harapan.

Disatu sisi, sifat positif macan juga bakalan turut mewarnainya menuntut keadilan , membersihkan hal- hal yang sifatnya sangat bertentangan. Harus berani menentang dan bertindak terhadap sesuatu yang tidak dan kurang beres inilah yang jadi masalah dalam memicu konflik tersebut.

Bagaimana   sikap dan menyikapi sifat dari tahun macan tersebut adalah bersifat menjadi pawang dari macan, seorang pawang hewan buas seperti macan / harimau butuh sikap yang berani tegas juga toleransi dan kasih sayang. Sikap ini yang harus dimiliki oleh seorang pawang harimau. Dimiliki oleh seorang pawang harimau dengan sikap seperti yang disebutkan sang harimau buas bisa tunduk , menurut kehendak sang pawang. Walaupun secara naluri hewan bisa timbul sifat kebinatangan yang asli Ketika mood nya tidak tepat bisa memangsa sang pawang sekalipun sehingga dibutuhkan sikap selalu waspada dalam berbagai situasi.

Kata Kunci & Solusi nya :

Sikap berani dan tegas penuh kewaspadaan.

Jauhi sikap yang memicu perseteruan dan konflik.

Junjung tinggi nilai kebenaran dalam berbagai masalah.