Sultan Syarif Kasim II, Manusia Paling Ikhlas Se-Indonesia

Tak ada yang meragukan nasionalisme Sultan ke-12 Siak Sri Indrapura, Sultan Syarif Kasim II. Bukan hanya jadi kebanggaan suku Melayu Siak saja, namun beliau juga menjadi kebanggaan dan contoh bagi generasi penerus bangsa.

Sultan Kasim seorang pemimpin yang  berpikiran maju, cerdas, berwawasan dan visioner. Beliau tidak pernah ragu dalam memutuskan untuk mendukung kemerdekaan Bangsa Indonesia. Bahkan dengan kesadaran tinggi, Sultan Kasim ikut mengupayakan Indonesia merdeka.

Tidak hanya dalam wacara atau kata-kata saja, langkah kongret Sultan Kasim II adalah menyumbangkan hartanya sebanyak 13.000.000 Gulden bagi  biaya penyelenggaraan pemerintah Republik Indonesia yang berdaulat, merdeka dan setara dengan bangsa-bangsa di seluruh dunia.

 
Jumlah tersebut  terbilang sangat fantastis pada zamannya. Sultan menyumbangkan seluruh harta kekayaan yang dia miliki,  uang 13 juta gulden, mahkota, pusaka kerajaan, tanah, kekuasaan dan istananya karena memilih bergabung bersama republik.

Tidak cukup itu saja, bahkan  Sultan juga juga ikut berjuang mengangkat senjata  dan bergerilya dengan kaum republikan dari Aceh, tepatnya dari Resimen Rencong dengan pangkat Kolonel. Sultan adalah  aktor dibalik layar perjuangan kaum republikan di Sumatera, dengan mengobarkan semangat perjuangan melawan Belanda dari stasiun Radio Republik Indonesia yang ada di Banda Aceh. Diakhir hayatnya  Sultan hidup dalam keadaan serba kekurangan dan meninggal sebagai rakyat biasa. Terima kasih Sultan Kasim II