Perjalanan Devi Dja, Aktris Indonesia Go Internasional

Jauh, jauh,  sebelum kemunculan  Anggun C. Sasmi atau  Agnes Mo, yang disebut-sebut sebagai artis Indonesia yang go intenasional, sudah ada artis asal Indonesia yang sudah sangat kondang di  di Hollywood.

Artis itu bernama  Devi Dja,  lahir 1 Agustus 1914 di Sentul, Djogjakarta, Hindia Belanda (Indonesia). Nama aslinya  Misri, terlahir sebagai wanita multi talenta. Misri mahir bernyanyi dan suaranya sangat merdu. Ia juga sangat lihai menari dan berakting, Bakat seninya inilah yang mengantarkannya ke banyak tempat-tempat baru.

Ia mencoba peruntungannya menjadi pengamen di pesawat maskapai   Hindia Belanda. Saat menjadi artis di pesawat, Misri mengubah namanya menjadi Soetidjah dan menarik perhatian banyak kalangan. Suara merdunya menarik perhatian kelompok teater, Dardanella. Kemudian kelompok teater ini mengajaknya bergabung.

Peruntunganya berubuh saat bergabung dengan  Dardanella, Soetidjah menjadi bintang yang bersinar terang di senatero Hindi Belanda. Ia lantas mengganti nama panggungnya menjadi  Devi Dja. Pada saat yang sama ia menemukan cinta pertamanya sekaligus tambatan hatinya, Willy Klimanoff.  Ia adalah pemimpin Dardanella yang biasa dipanggil Piedro. Mereka  menikah dan bersama Dardanella, Devi Dja berkeliling dunia.

source : inews

Setelah keluar dari Dardanella, Devi dan Piedro memutuskan menetap  Amerika Serikat. Pada 1952 Piedro  meninggal dunia,  Devi menikah lagi dengan artis asli Amerika, Acee Blue Eagles tetapi pernikahan mereka tidak bertahan lama dan kemudian menikah lagi dengan seorang jutawan Amerika asal Gresik, Ali Assan.

Sepanjang kariernya Devi Dja bermain di banyak film,  “The Picture of Dorian Gray” (1945). Tampil sebagai penari  “Three Came Home” (1950) yang diproduksi oleh 20th Century Fox. Dan “Road to Bali” pada 1952.

Tak hanya cemerlang di bidang seni, Devi Dja juga aktif dalam pemberantasan perbudakan terhadap orang Indonesia di Amerika Serikat. Dia meninggal dunia pada 1989 dan dimakamkan di Hollywood Hills, Los Angeles, California.