Viral Kisah Dokter Seribu Rupiah

Tak banyak pribadi yang memiliki rasa kemanusian yang tinggi. Jika hanya bicara atau retorika, mencintai dan melayani sesame manusia memang mudah diucapkan. Namun saat merealiasikan rasa itu mungkin hanya satu banding seribu manusia.

Dokter F.X Soedanto adalah satu dari seribu orang itu. Dokter murah hati ini mengenakan biaya Rp 1.000 bagi setiap pasien yang berobat di kliniknya di Papua. Fransiskus Xaverius Soedanto demikian nama lengkapnya  lahir di Kebumen Jawa Tengah  pada 1948. Ia bertugas di  Abepura, Papua.

Ia mendadak viral  karena melayani pasiennya hanya dengan tarif seribu rupiah. Padahal ia sudah melakukan dan melayani masyarakat dengan cara itu  sejak puluhan tahun lalu. Ia bahkan menerima pasien yang hanya memberikan ucapan terima kasih sebagai balasan karena ketiadaan biaya.

Ketika ditanya mengapa mematok tarif yang sangat murah?  “Saya hanya tidak ingin ada orang yang  tidak bisa berobat ke dokter, hanya karena ia  tidak memiliki uang.  Saya tulus ingin membantu orang yang kurang beruntung,” tegasnya pada Mainstream.id.

Dokter F X Soedanto adalah  anak bungsu dari enam bersaudara.  Ayahnya Umar adalah kontraktor dalam pemerintahan kolonial Belanda, dan Ibunya Mursila berprofesi sebagai perawat. Sebelum memutuskan menjadi dokter Soedanto adalah mahasiswa  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Gadjah Mada. Belakangan ia memutuskan untuk  berhenti dan   mendaftar di sekolah kedokteran sesuai dengan keinginan ibunya.

Lulus pada 1975, Soedanto diwajibkan pemerintah untuk melakukan pelayanan di daerah pedesaan. Ia pun  memilih Irian Jaya yang sekarang disebut Papua sebagai tempat tujuan pelayanan karena sangat menyukai daerah tersebut. Bbs/mmg