Isyarat Hoki di Balik Bulu Wanita

Bulu dan rambut ternyata bisa meneropong nasib seseorang. Leluhur kita mewariskan pengetahuan soal itu.

Djulianto Susantio, pakar fisiognami dalam blog pribadinya mengungkapkan bahwa dalam ajaran Feng Shui Tubuh, kualitas rambut, jumlah rambut, warna rambut, kilauan rambut, bahkan arah pertumbuhan rambut sangat diperhitungkan.

Menurut fisiognomi, rambut tidak boleh terlalu tipis atau tebal. Juga tidak terlalu keras atau lembut. Kalau terlalu banyak sama buruknya dengan terlalu sedikit. Arah pertumbuhan rambut harus dapat dikenali dengan mudah. Warna alami rambut harus kuat, demikian pula kilauannya. Syarat lain, rambut wanita harus lebih halus dan lembut daripada rambut pria.



Versi para pakar fisiognomi China, sebagaimana diungkapkan oleh Djulianto, rambut yang bagus harus subur, tumbuhnya tidak kasar, halus, tidak jarang, tidak terlalu kaku, tidak terlalu lemas, lurus, dan tidak keriting. Juga tumbuhnya tidak menutupi dahi, sementara di bagian belakangnya tidak sampai tumbuh di bagian leher (Pengatahoean Mengenal Nona-nona, tanpa tahun).

Wanita yang dahinya penuh rambut, lehernya pun penuh rambut, kendati rambut itu begitu bagus, selain membuat kurang manis wajahnya, menandakan dia tidak bisa berpikiran luas.

Wanita yang rambutnya hitam, tebal, besarnya sedang, mengkilap, tidak sampai menutupi dahi, tidak tumbuh sampai leher, menandakan kejujuran. Namun kalau dia bertabiat keras, kekerasannya berada pada jalan yang benar.

Wanita yang rambutnya tidak bisa tumbuh panjang, bisa menjadi nyonya kaya, tetapi tidak bisa mendapatkan kesenangan. Demikian menurut pakar fisiognomi China.

Rambut hitam sekali menandakan pantang menyerah, tidak gampang putus asa, dan disukai banyak orang. Kalau agak ikal berarti mudah terpengaruh, namun berotak cerdas. Kalau agak kemerahan maka kelakuannya tidak bisa diduga dan tidak suka hidup teratur, namun kehidupannya menyenangkan.

Kalau hitam lemas, maka dia tulus hati, namun pikirannya mudah berubah. Kalau hitam berkilauan, dia suka ilmu pengetahuan. Dia juga sabar namun tegas.

Rambut jarang pertanda tidak pandai menyimpan uang dan keras kepala. Rambut kaku menunjukkan pantang menyerah, tegas, dan berani. Rambut lebat berarti dia pandai bicara dan banyak akal.

Kalau rambut menutupi dahi memperlihatkan dia menderita sesuatu yang tidak ingin dikemukakannya, lagi pula wataknya cantik dan lembut meski sering tidak terlihat seperti itu. Sementara kalau menutupi pipi, dia sangat berani dan penuh keraguan, juga sering bermasalah dalam setiap jenis hubungan.

Dilihat dari sisirannya, kalau disisir dari tengah, maka dia jujur, berani, dan realistis. Disisir ke kiri menandakan kecenderungan romantis. Disisir ke belakang, tidak selalu menunjukkan perasaan yang sebenarnya, memiliki watak yang mulia, dan sangat pengertian pada anak-anak.

Alis Nasib Percintaan

Tak hanya rambut yang menjadi mahkota kepala. Alis yang menghias penampilan mata juga tak luput dari perhatian fisiognomi. “Alis menunjukkan kreativitas, berpikir, berbicara, martabat, tabiat, reputasi, kemashuran, perasaan, daya tarik, seksualitas, dan temperamen,” terang Djulianto.

Fisiognomi China, seperti halnya rambut, banyak sekali menguraikan masalah alis, mulai dari panjang/pendek, bentuk, letak, dan tebal/tipis. Semuanya memiliki arti masing-masing, sehingga kalau digabung akan mendapatkan banyak informasi.

Alis yang panjang menandakan kebahagiaan dan umur panjang. Tebal, menunjukkan vitalias, kuat, dominan, dan pelampiasan emosional. Tipis, menginformasikan kesensitifan dan daya tahan fisik yang rendah. Tinggi, mengungkapkan dia tidak mudah terkesan oleh orang lain. Rendah, memperlihatkan keramahan, mudah didekati, dan sederhana. Datar dan lurus adalah milik orang yang pemalu dan tertutup (introver) tetapi dia artistik.

Kalau lebat di pangkal dalam (dekat hidung) dan menipis di pangkal luar, dia kreatif, penuh gagasan, dan kurang disiplin. Kalau semakin tebal di ujung (pangkal luar), dia punya bakat untuk hal-hal detil.

Alis yang dipandang paling bagus berwarna hitam, bangunnya seperti busur, halus, dan tebal. Yang termasuk kategori jelek antara lain terlalu pendek sehingga tidak bisa menutupi mata. Diartikan, dia seorang picik.

Kalau terlalu dekat mata, banyak godaan dan banyak mengalami pergulatan hidup. Sebaliknya, terlalu tinggi dari mata pertanda tidak bisa jadi kaya raya. Sementara kalau amat jarang, suka cemburuan.

Turun lagi ke bawah, ada bulu mata. Kalau pendek dan melengkung, energi pemiliknya terbatas dan mudah takut pada situasi baru yang belum dikenal. Tapi jika bulu mata panjang dan lurus, pertanda penuh semangat dan kekuatan.

Bulu mata yang panjang dan melengkung menunjukkan kesensualan, feminin, namun tidak murah hati. Kalau sangat lebat, dingin dan galak, Kalau melekuk ke atas secara alami, terlalu optimistis.


Rambut Tersembunyi

Rambut pada tempat paling tersembunyi juga tak luput dari perhatian fisiognomi, yakni rambut di sekitar kemaluann.

Rambut yang satu ini lebih penting pada wanita daripada pria. Kriterianya sama seperti pada rambut kepala. Rambut ini dapat memberi informasi tentang kesehatan, menyatakan hubungan seseorang dengan cinta, menyatakan kecerdasan, dan menjelaskan kepribadian.

Bentuk yang dianggap terbaik tumbuh menyebar mencapai tinggi kira-kira 5 cm di atas “anuan”. Bentuk demikian menyatakan seluruh sistem peredaran darah bekerja dengan baik sehingga kesehatannya pun baik. Pemiliknya lembut dan pengertian, memiliki kepribadian yang baik dan IQ tinggi. “Pokoknya, dia dapat menjadi ibu yang baik,” tutur Djulianto.

Yang kurang bagus berbentuk seperti garis lurus ke atas. Biasanya dia pemalu dan lemah, memiliki sedikit dorongan seks dan lebih rentan terhadap penyakit. Meskipun dia senang belajar, dia tidak memiliki kecerdasan yang tinggi.

Yang juga kurang bagus, bagian kiri dan kanan berbentuk melengkung dan mendekati pusar sehingga berkesan “terlalu gondrong”. Wanita tipe ini sering kali impulsif, tidak bisa diam, tidak sabaran, dan haus cinta. Dia pun memiliki standar moral tersendiri dan biasanya menyukai pekerjaan yang agak menantang.

Begitu pula kalau bagian kiri dan kanan agak lurus sehingga menyerupai segi empat. Dia terlalu bergairah, menyukai perubahan yang terus-menerus, dan jarang memedulikan orang lain. Dia pun tidak begitu cerdas namun memiliki banyak keberanian. Hanya dalam masalah keuangan, dia murah hati.

Yang sangat jarang adalah tipe “plontos” atau “botak” yang di China disebut “macan putih”. Biasanya dia tidak begitu berhasil, memiliki sedikit kesempatan dalam hubungan, sering sakit, dan kurang memiliki keberanian.

Bila rada gondrong, termasuk bentuk yang netral. Dia bersifat temperamental dan mendominasi. Dia ingin mengendalikan pasangan dan anak-anak. Namun dia bertanggung jawab, dapat diandalkan, dan hati-hati. Dia pun biasanya mempunyai kesehatan yang baik. mmg