Waspada!!! Ini Tanda-tanda Kolesterol Sedang Tinggi

source : samachar central

Tubuh  membutuhkan kolesterol untuk dapat berfungsi dan beraktivitas. Namun jika kolesterol berlebih atau orang awam menyebutnya kolesterol tinggi itu artinya ada  banyak kolesterol jahat dalam aliran darah.

Kolesterol tinggi dapat memicu masalah kesehatan  seperti  penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. kadar kolesterol tinggi. Utamanya, disebabkan oleh diet berlemak dan tidak cukup olahraga. Gejala yang mudah untuk  terlihat dari peningkatan kolesterol dapat dilihat pada perubahan  mata dan kulit di sekitarnya. Berikut penampakan yang berhasil mainstream rangkum dari berbagai sumber.

source : xanthelasma xanthoma

Benjolan di Mata

Paling mudah dalam melihat anomali kolesterol dapat dilihat dari kondisi mata. Akan muncul tanda   kecil di dekat mata. Tanda itu adalah benjolan kecil yang kadang berwarna sedikit kekuningan  atau hanya berupa area kulit yang menonjol. Secara ilmiah, benjolan ini bernama   xanthelasma. Benjolan ini  disebabkan karena  kadar kolesterol yang sangat tinggi yang akhirnya  menumpuk dibawah lapisan kulit di dekat mata.

source : wiki

Kornea Mata  

Saat kolesterol tinggi akan terjadi  kondisi yang disebut arcus senilis. Arcus senilis adalah munculnya ‘cincin’ berwarna biru, abu-abu, atau putih di sekitar iris mata.  Kolesterol tinggi akan  mempengaruhi kondisi kornea. Meski Arcus senilis tidak selalu menjadi  tanda dan muncul saat kolesterol tinggi,  ada baiknya, rutin  memeriksakan diri ke dokter saat  melihat terjadinya perubahan warna di sekitar pupil.

source : fdokumen

Oklusi Vena Retina

Retina adalah organ mata  yang merubah  cahaya yang masuk ke mata  menjadi sinyal listrik. Sinyal ini kemudian dikirim ke  ke otak yang kemudian diproyeksikan sebagai gambar.  Retina  butuh pasokan  darah yang cukupyang dipasok oleh vena retina dan arteri retina. Jika kadar kolesterol tinggi dan menyumbat darah maka yang terjadi adalah  oklusi vena retina atau stroke mata. Gejala yang dapat dilihat adalah mata menjadi bengkak dan  penglihatan yang berubah atau kabur pada satu mata, sakit di mata, dan lain sebagainya. mmg