Indahnya Mahkota Kerajaan Nusantara

source : infopublik

Memang tak banyak, mahkota kerajaan atau kesultanan  Nusantara yang berhasil diselamatkan hingga saat ini. Jika ada yang  terselamatkan, jumlahnya pun juga tidak terlalu banyak. Penjajahan dan peperangan pada masa lalu kerap membuat pemerintah kolonial merampok dan menjarah secara semparangan, beberapa harta milik kerajaan yang ditaklukkan.

Sampai saat ini, beberapa barang pusaka kerajaan Nusantara itu masih tersimpan di beberapa museum di Belanda dan Negara-negara Eropa lainnya. Beruntung Pemerintah Indonesia berhasil menyelamatkan beberapa pusaka dan  tersimpan aman di Museum Nasional.

Kesultanan Banten 

Mahkota Kesultanan Banten, memiliki berdiameter 20 cm dan tinggi 17 cm. Terbuat dari emas dengan dihiasi batu mirah, berlian, batu emerald, dan mutiara. Motif ukirannya menggunakan teknik kerawangan, bergambar pohon hayat dalam panil-panil. Mahkota ini diperkirakan sudah berumur lebih dari 200 tahun. Kemungkinan mahkota ini sezaman dengan  Mahkota Salokoa, Mahkota Kerajaan Goa abad ke- 14. Mahkota ini telah dipakai  sultan-sultan Banten mulai dari Sultan Maulana Hasanudin  1552 hingga Sultan Muhammad Rafiudin  1820.

Kesultanan  Siak  Sri  Indrapura

Mahkota Kesultanan Siak memiliki berat 1.803,3 gram dengan  berdiameter 33 dengan  tinggi  27 cm. terbuat dari  emas, bertahtakan berlian dan rubi. Motif ini terbilang dibuat dengan teknik halusan. Menggunakan benang logam atau kawat halus dari bahan campuran emas, perak, atau tembaga,  dipelintir, dianyam, dibentuk, dan disatukan dengan patri menjadi sebuah bentuk tertentu. Cara pembuatan ini membutuhkan keahlian tinggi. Selain harta kesultanan, Sultan Syarif Kasim II  juga memberikan uang sebesar 13 juta Gulden sebagai tanda dukungan pada Republik Indonesia.

Kerajaan  Kutai  Kertanegara

Dibuat pada masa  Sultan Muhammad Sulaiman (1845-1899)  Mahkota ini  berbentuk Brunjungan dengan berat mencapai dua kilogram emas dan batu permata yang tak ternilai harganya. Mahkota  ini  sangat indah dan menawan, bentuk  desainnya  artistic itu makin indah karena dipadu dengan  warna kilau emasnya.