Shio, Karakter dan Pasangan Idealnya (bagian 1)

Ada 12 shio atau lambang hewan yang dipakai untuk menggambarkan karakter seseorang dari tahun, bulan dan jam kelahirannya.  Shio atau    Sheshio adalah dua belas hewan dapat dipakai sebagai sarana perhitungan urusan nasib, cinta, keuangan, kesehatan dan masih banyak hal yang lainnya. Berikut ini, mainstream akan menampilkan ulasan mengenai 12 shio, karakter dan pasangan ideal mereka.

Tikus  

Secara sederhana shio tikus termasuk golongan YIN dengan elemen air. Mereka adalah karakter pribadi yang ceria, tanggungjawab tinggi, cerdas dan berdedikasi. Shio tikus adalah pribadi yang cepat untuk belajar hal-hal baru, analitiknya juga sangat bagus. Karena pembawaan yang ceria inilah membuat shio tikus disenangi banyak orang.

Meski ceria, tapi karakter tikus ini mudah naik darah dan cenderung egois, dengan selalu memikirkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Kelemahan lainnya, tikus kurang senang jika dinasehati orang lain.

Tahun Kelahiran : 1960, 1972, 1984, 1996, 2008, 2020

Pasangan ideal : monyet dan naga.

Kerbau

Urutan kedua dalam shio adalah kerbau, masih termasuk ke dalam golongan YIN dengan elemen tanah. Karakteristik orang kerbau adalah sangat bisa diandalkan dan dipercaya. Tidak suka mengecewakan orang lain. Termasuk orang yang berbakti pada orang tua dan jenis yang rajin bekerja. Tabah dalam menjalani hidup walau banyak ujian yang menderanya.  

Orang bershio kerbau ini sangat senang mengatur dan memberi perintah, hal ini membuat ia sering berkonflik dengan orang lain. Mereka juga cenderung keras kepala dan sulit untuk menjalin komunikasi dengan orang lain.

Tahun Kelahiran  : 1961, 1973, 1985, 1997, 2009, 2021

Pasangan ideal: ayam dan ular

Macan

Urutan ketiga adalah shio macan, termasuk dalam golongan YANG dengan elemen kayu. Mereka memiliki karakter serius dan teliti, tidak dalam kamusnya untuk bermain-main saat mengerjakan sesuatu yang penting. Tergolong sebagai orang-orang yang jujur dan penyayang sesama.

Orang macan adalah pribadi yang  ambisius, juga mudah sekali memandang curiga pada orang lain. Keras kepala dan tak bisa diperintah adalah ciri khasnya. Kekurangan lain adalah sikapnya yang sering meremehkan usulan orang lain.

Tahun Kelahiran  : 1962, 1974, 1986, 1998, 2010, 2022

Pasangan ideal: kuda, babi, anjing

Kelinci

Urutan selanjutnya ditempati oleh shio kelinci,  termasuk golongan YIN dengan elemen kayu. Mereka yang dinaungi shio kelinci ini biasanya memiliki karakter yang lembut dan penyabar. Mereka juga tidak suka berkonflik dan berdebat. Hal ini membuat banyak orang merasa nyaman berada di dekat orang-orang kelinci.

Kelemahannya sering merasa ragu-ragu dan bimbang saat harus membuat keputusan. Kecenderungan lainnya, jika tidak mendapatkan patner yang tepat, rasa putus asanya dapat membuyarkan tujuan hidupnya. Mereka terbilang tidak percaya diri bila dengan orang baru atau asing dalam hidupnya.

Tahun Kelahiran : 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023

Pasangan ideal: anjing, babi, kambing

Naga

Shio  naga adalah shio yang termasuk golongan YANG dengan elemen tanah. Pembawaan mereka adalah setia pada orang-orang sekitar terutama pada pasangannya. Mereka adalah orang-orang gemar belajar dan mengasah kemampuan mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kelemahan naga adalah rasa percaya diri mereka sikapnya yang mudah percaya pada orang-orang. Rasa percaya yang berlebihan ini kadang membuat orang naga adalah korban empuk penipuan.

Tahun Kelahiran :1964, 1976, 1988, 2000, 2012, 2024

Pasangan ideal : tikus, monyet, macan

Ular

Pada urutan keenam ada shio ular termasuk golongan YIN dengan elemen api. Karakter orang ular adalah pusat perhatian orang banyak. Penampilan yang memukau jadi modalnya untuk disukai banyak orang.  Mereka juga pribadi yang mudah memberikan perhatian dan bantuan pada orang lain.

Kelemahan shio ular adalah karakternya yang gemar memandang orang lain dari sisi negatifnya ular memiliki karakter posesif yang berlebihan pada pasangannya. Mereka juga pintar memanfaatkan situasi hingga kerap dipandang sebagai orang yang oportunistik.

Tahun Kelahiran 1965, 1977, 1989, 2001, 2013, 2025

Pasangan ideal : monyet, kerbau, ayam. Mmg/bersambung