Gawat!! Donovanosis, Penyakit Menular ‘Pemakan’ Alat Kelamin

source : news in 24

Sebuah peringatan baru-baru ini dilontarkan oleh para dokter di Inggris. Selain Inggris, otoritas Jerman juga melakukan langkah yang sama dengan menyebarkan himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai dan mengontrol penyakit menular. Penyakit ini diperkirakan sudah mulai berkembang dan menjangkiti masyarakat Eropa.

Donovanosis, demikian nama penyakit menular tersebut. Penyakit donovanosis dapat menjangkiti  laki-laki dan perempuan. Namun,  kemungkinan dua kali lebih besar terjadi dan menjangkiti laki-laki. Donovanosis ditularkan lewat hubungan seks dengan ciri bisul yang terbentuk di alat kelamin.

Penyakit Donovanosis juga dikenal dengan nama lain granuloma inguinale atau penyakit kelamin yang bersifat karnivora alias pemakan daging. Sifat penyakit ini benar-benar karnivora harafiah, bakteri ini menyebabkan peradangan luas pada alat kelamin.

source : dw

Berasal dari Daerah Tropis

Pada tahap awal, akan muncul papula yang sangat gatal, berkembang di seputaran  daerah genital dan anus. Jika dibiarkan tanpa perawatan, papula itu akan meluas dan terus berkembang hingga seukuran piring sedang. Jika borok tak segera diobati  donovanosis akan bergerak menyerang jaringan kulit  dan secara bertahap menghancurkannya. Bekas luka serangan donovanosis ini akan tetap ada.

Menurut riset, donovanosis ditemukan  di negara-negara Asia  seperti India, Papua Nugini, Australia Tengah dan Utara. Penyakit mengerikan ini berkembang Vietnam dan beberapa negara Afrika. Penyakit donovanosis termasuk Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Sebelum penyakit ini tidak dikenal di Eropa. Kasus penyakit kelamin yang umum di Eropa adalah kasus klamidia, sifilis dan gonorea. Namun perkembangan terakhir menyebutkan   beberapa dokter di Inggris memperingatkan akan cepatnya tingkat penyebaran donovanosis di negara itu. Di sana, jumlah infeksi terus meningkat dan sudah banyak korban yang berjatuhan. mmg