Pasca Isolasi Mandiri Covid-19, Ini 5 Langkah Membersihkan Rumah

Isolasi mandiri (isoman) membutuhkan beberapa perlakuan khusus. Demikian juga pasca isolasi mandiri, langkah terpenting adalah memastikan rumah sudah bebas dari virus. Karena jika tidak ada penanganan serius, covid-19 ini masih bisa bertahan dan kembali menjangkiti individu lainnya dalam satu rumah. Mencegah penularan virus corona, rumah harus dibersihkan secara menyeluruh. Tetap harus diingat, saat membersihkan rumah protokol kesehatan harus tetap dijalankan (memakai masker dan faceshiled, sarung tangan karet dan baju pelindung yang harus langsung dicuci)   berikut ini langkahnya : 

Bilas dengan Sanitizer atau Disinfektan

Cuci bersih semua peralatan yang mungkin digunakan oleh penderita. Bilas semua peralatan tersebut  dengan sanitizer dan disinfektan. Untuk memastikan semua sudah bersih, semprotkan cairan ke permukaan peralatan dan lap dengan kain kering.

Cuci Seluruh Pakaian dan Kain

Cuci seluruh pakaian dan kain usai digunakan penderita. Pakaian juga bisa jadi tempat berlindung dan penyebaran virus. Cuci pakaian dan kain rendam dengan air hangat lalu cuci selama 30  sampai 60  menit.

Source :hcs

Bersihkan Ruangan

Bersihkan seluruh sudut ruangan dengan cairan pembersih dengan teliti dan perlahan, jangan sampai ada yang tertinggal.  Jangan lupa membersihkan perabot, meja kursi dan benda-benda  elektronik yang mungkin rentan terpapar covid-19.

Sirkulasi Udara

Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Pintu dan jendela harus dibuka lebar, gunakan kipas, setel pemanas, ventilasi dan pendingin udara untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Selesai

Usai membersihkan rumah,  buang sarung tangan dan cuci tangan setelahnya.  Pastikan semua peralatan yang dipakai untuk membersihkan bersih kembali, bila perlu cuci atau semprot dengan disinfektan agar sisa-sisa virus mati dan tidak menyebar lagi. mmg