Cantengan, Sakitnya Bikin Ngilu!!!!

Cantengan tidaklah berbahaya, tetapi sekali-kali jangan abaikan.  Kuku cantengan dapat menimbulkan infeksi serius. Cantengan biasanya terjadi pada ibu jari kaki tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada kuku tangan yang lain.

Masuknya pertumbuhan kuku ke dalam daging hingga melukai kulit dan mengakibatkan bengkak, nyeri, kemerahan, bahkan berdarah sampai bernanah. Pada taraf akut,  cantengan dapat menghambat aktivitas karena rasa sakit yang luar biasa. Cantengan juga dapat terjadi akibat memotong kuku yang kurang benar dan kurang rapi atau terlalu pendek. Memakai sepatu yang terlalu sempit hingga menekan kuku kaki. Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk merawat dan mengobati cantengan, simak ulasan mainstream berikut ini :

Merendam kaki atau kuku yang sakit dalam air garam hangat. Tujuan untuk membantu melembutkan kuku, mengurangi rasa nyeri dan meredakan infeksi. Garam dapat membersihkan dan menyeterilkan kuku yang sakit.

Memotong kuku yang menancap pada kulit. Kuku yang menancap dan tumbuh ke dalam jika dibiarkan dapat memperparah cantengan dan menimbulkan infeksi yang berakibat fatal. Bersihkan dengan antiseptik agar bau berkurang.

Olesi dengan cream antibiotic, untuk mencegah infeksi pada luka, cantengan dapat cepat sembuh jika rutin mengolesi cream antibiotik. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol agar rasa sakit berkurang.

source :mnt

Jika dengan cara-cara tersebut cantengan tidak kunjung sembuh dan semakin parah, bahkan menunjukkan tanda-tanda infeksi sebaiknya segera ke dokter agar tidak terlambat ditangani.

Selalu menjaga kebersihan kuku dan hindari semua penyebab cantengan agar kesehatan kaki selalu terjaga. Cantengan yang tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan munculnya komplikasi bagi penderita penyakit tertentu karena terganggunya aliran darah. mmg