Bahaya, 5 Aplikasi Ini Rawan Curi Data Hingga Bobol Rekening Bank

Kaspersky, perusahaan pembuat  perangkat lunak antivirus, mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan mengunduh sejumlah aplikasi Android. Kaspersky memperingatkan beberapa aplikasi android tersebut  mengandung malware berbahaya.

Lebih lanjut  Kaspersky menjelaskan, ada lima   aplikasi yang memiliki potensi   mencuri data pribadi pemilik handphone Android. Tak hanya mencuri, bahkan aplikasi itu dilaporkan juga sudah dapat dipakai untuk  mengakses rekening bank.

Baca juga : Perlindungan Mata Jahat

Kelima aplikasi android tersebut terutama ditemukan pada editing foto, seperti  Blender Photo Editor, Photo Editor, Magic Photo Lab, Pix Photo Motion Edit 2021 dan Easy Photo Background Editor. Kaspersky mengaku sudah  melaporkan aplikasi-aplikasi maling tersebut ke Google. Dan respon cepat Google terhadap  kelima aplikasi berbahaya, adalah menghapusnya dari Google Play Store. 

Ilustrasi beberapa aplikasi berbasis foto editor

Kelima  aplikasi foto editor memang sudah tidak ada lagi di  Google Play Store, namun, jika  Anda sudah terlanjur mengunduh  aplikasi, Kaspersky  menyarankan untuk segera menghapusnya. Aplikasi  pencuri   informasi pribadi itu dijalankan lewat login Facebook.

Baca Libertymagz : KDI 2021 Lebih Menarik Menghibur Pemirsa MNCTV

Pilihan login lewat  Facebook  kerap digunakan di sejumlah aplikasi karena  memudahkan pengguna. Karena lewat Facebook pengguna tak perlu  repot membuat akun baru lagi. Data yang sudah masuk dan disimpan ini kemudian digunakan untuk mengakses rekening bank. Selain aplikasi pencuri data, Google sendiri sering kali menghapus aplikasi-aplikasi yang dengan sengaja  disusupi malware berbahaya, salah satunya Trojan. mmg

Baca juga : Penempatan Ornamen Kuda Pengundang Keberuntungan