Ilham Kemenangan Pangeran Sambernyawa di Sendang Siwani

Seperti Sambernyawa, mendapat meraih daya gaib memenangi perang. Para peziarah berharap mendapatkan daya gaib agar  doa permohonannya terkabul.  

Jejak spiritual Pangeran Sambernyawa ada di Sendang Siwani. Tempat ini merupakan petilasan Sambernyawa saat melakukan gerilya melawan VOC serta pihak Mataram yang saat itu berada di pihak VOC. Konon di sendang inilah Pangeran Sambernyawa  mendapatkan petunjuk dari Yang Maha Kuasa mengenai strategi untuk meraih kemenangan dalam perang melawan penjajah.

Dalam perkembangan waktu, berkembang mitos atas tempat ini yang menyatakan bahwa orang yang melakukan tirakatan di tempat ini akan terkabul segala permohonannya. Karena kepercayaan tersebut, lantas menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang mempunyai tujuan khusus.

Bahkan, menjelang pemilihan umum seperti sekarang ini, Sendang Siwani banyak dikunjungi para caleg yang ingin mendapatkan back up spiritual. Bahkan, menurut Eyang Pardi, jurukunci Sendang Siwani, tak hanya para caleg, para pemimpin dan para tokoh masyarakat juga banyak yang gemar menjalani laku spiritual di tempat ini.

Menurut Eyang Pardi, Sendang Siwani dikunjungi para peziarah dengan aneka kepentingan. Para peziarah ini berkeyakinan bahwa sebagai petilasan pertapaan Pangeran Sambernyawa sebelum menjadi KGPAA Mangkunegara I. Dahulu ketika bertapa di Siwani, Pangeran Sambernyawa mendapatkan ilham seakan melihat ada kerbau bule dan kerbau wulung (hitam) berkelahi.

Kerbau wulung selalu kalah. Tapi anehnya, ketika usai bertarung dan kalah, setelah beredam di sumber air Siwani kerbau hitam seakan mendapatkan daya kekuatan baru dan akhirnya mampu mengalahkan kerbau bule.Ilham itu menjadi wangsit tentang gambaran jalannya perang gerilya Sambernyawa yang saat itu selalu terkalahkan dalam setiap bertempur melawan Belanda. Karena itu, Sambernyawa lalu mandi air Sendang Siwani dengan harapan akan mendapatkan tuah untuk memenangi perang.

Masih menurut Eyang Pardi, barang siapa tirakat di Siwani sebagaimana Sambernyawa, niscaya akan mendapatkan dorongan aura dari daya gaib di tempat ini. Bukan daya gaib untuk memenangi perang, melainkan daya gaib yang memudahkan doa permohonan yang dipanjatkan terkabul.  mmg