Bunga Wijaya Kusuma, Undang Hoki hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Secara asal usul bunga ini asli Meksiko, Amerika Utara. Nyatanya wijaya kusuma masuk dalam keluarga kaktus  dengan kelopak berwarna putih besar. Daunnya bertekstur keras, tebal dengan bentuk zig-zag. Bunga ini mekar sempurna pada  malam hari. Sementara  saat siang hari  kelopak bunga akan menutup. Banyak mitos  di balik bunga ini, berikut ini infomasi lengkap mainsteam. 

Undang Kemakmuran & Derajat

Keluarga kerajaan di Nusantara sangat  menyukai bunga ini. Bunga ini juga memiliki cerita di pakem pewayangan. Hal ini yang membuat, tanaman ini kerap menjadi hadiah indah dari para raja pada raja-raja yang lain. Bunga ni dipercaya mampu mengangkat derajat seseorang.  Selain beruntung, orang yang beruntung melihat bunga wijaya mekar, diyakini akan   akan memperoleh rezeki berlimpah.

Kesayangan Nyi Roro Kidul

Selain pewayangan, konon bunga wijaya kusuma juga bunga favorit penguasa Pantai Selatan. Mitos ini sangat dipercayai  masyarakat Jawa. Itulah sebabnya   bunga ini selalu hadir menjadi sesajen untuk dilarung ke laut selatan.

Pembawa Rezeki & Keberuntungan

Mitos yang paling sering dikait-kaitkan dengan  bunga wijaya kusuma,  adalah dianggap jadi  bunga pembawa keberuntungan. Siapapun orang yang berkesempatan melihat bunga ini mekar di malam hari, dipercaya akan mendapatkan keberuntungan. Semua itu tak lain berasal dari nama bunga itu sendiri  wijaya dalam bahasa Jawa artinya adalah kemenangan, sedangkan kusuma artinya bunga. mmg